IKUTI
SEKILAS INFO
  • 1 tahun yang lalu / Dapatkan Info Promo Tour Bulan ini WA 08562253200
PENTINGNYA PERCAYA DIRI

PENTINGNYA PERCAYA DIRI

Oleh : admin - Kategori : Motivation / Training
15
Aug 2022

Apa itu Kepercayaan Diri

Kepercayaan diri menurut Anthony (1992) adalah sikap pada diri seseorang yang mampu untuk menerima kenyataan, berpikir positif, dan mempunyai kemampuan untuk memiliki segala yang diinginkan. Percaya diri dan kepercayaan diri menurut aku pribadi memiliki ragam perbedaan, di mana percaya diri (self confidence) merupakan kemampuan terhadap penilaian diri sendiri sehingga mampu melakukan segala sesuatu dengan baik.

Hal ini didasari oleh ekspektasi pada pencapaian diri sendiri berdasarkan evaluasi terdahulu. Sementara kepercayaan diri adalah sikap positif dimana seorang mampu untuk berkembang dan mengembangkan penilain positif tersebut baik untuk diri sendiri maupun lingkungan sekitar.

Faktor-Faktor Mempengaruhi Kepercayaan Diri

Berbagai macam faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan terhadap kepercayaan diri, menurut Hurlocks (1999) diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Pola asuh

Kebebasan berpendapat dan tanggung jawab yang diberikan oleh orang tua kepada anak dalam mengemukakan pendapat merupakan salah satu pola asuh yang baik untuk meningkatkan kepercayaan diri anak kedepannya.

2. Kematangan usia

Usia memang sangat memiliki pengaruh yang penting terhadap pola pertumbuhan dimana usia yang matang akan berdampak pada konsep diri yang bisa semakin berkembang sehingga harapannya kamu lebih dapat menyesuaikan diri dengan baik pada lingkungan dan situasi sekitar. Kematangan usia juga dapat berdampak pada keseimbangan emosi yang bisa membantu kamu dalam memilah-milih energi positif atau negatif yang akan kamu masukan kedalam diri kamu.

3. Jenis kelamin

Hal ini lebih menitikberatkan pada peran yang akan dibawakan, dimana laki-laki cenderung merasa lebih percaya diri sejak awal karena sedari dini peran laki-laki sudah dibentuk memberi martabat yang lebih terhormat dibandingkan wanita yang sampai saat ini masih dianggap lemah dan banyak peraturan yang harus dipatuhi. Perbedaan gender inilah yang saat ini masih mempengaruhi rasa kepercayaan diri seseorang.

4. Penampilan fisik

Faktor ini yang mungkin menjadi faktor utama dalam mempengaruhi rasa kepercayaan diri dimana fakta yang saat ini kita ketahui bersama bahwa terkadang seseorang yang  memiliki kelebihan fisik mendapatkan keistimewaan tersendiri dari orang lain baik itu berupa perlakuan maupun perkataan. Apakah kamu setuju dengan pernyaatan aku tersebut?

5. Hubungan keluarga

Seseorang yang memiliki hubungan yang baik terhadap keluarganya dapat diidentifikasi bahwa ia akan mengembangkan pola kepribadian yang sama juga kepada orang lain. Maka jika didalam suatu keluarga tercipta hubungan yang harmonis, saling menghargai, dan memberi contoh baik hal ini akan menimbulkan pandangan positif seseorang tersebut dalam membentuk identitas dirinya.

6. Teman sebaya

Menurut Hurlocks (1999) teman sebaya dapat mempengaruhi pola kepribadian dengan cara kamu membanding-bandingkan dirimu atau yang sering disebut “self comparation” dengan teman-teman mu yang mungkin pencapaiannya lebih dari mu. Teman sebaya merupakan faktor eksternal di dalam mempengaruhi kepercayaan dirimu, mereka tidak bisa kamu kendalikan tetapi hal baiknya kamu bisa mengontrol dirimu sendiri.

Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri

Berbagai dampak yang timbul akibat kurangnya rasa percaya diri dapat membuat mu semakin tidak bisa berkembang, maka kenalilah langkah sederhana dan cara untuk meningkatkan kepercayaan diri sebagai berikut.

1. Mengenal diri sendiri

Lebih mengenali dan memahami diri sendiri membuat kamu bisa mengetahui kekuatan dan kelemahan yang ada pada diri kamu sehingga cepat atau lambat kamu akan paham akan karakteristik dirimu. Hal ini bertujuan agar memudahkan langkah mu kedepannya untuk bisa meningkatkan rasa kepercayaan diri. Proses yang terpenting dalam mengenal diri sendiri adalah kamu harus jujur dan menerima akan semua fakta tentang dirimu, baik atau buruknya.

2. Berhenti membanding-bandingkan diri

Ini biasanya yang menjadi penyebab utama mengapa seseorang bisa mengalami kurangnya rasa percaya diri atau bisa dibilang minder, akibat selalu membanding-bandingkan diri dengan orang lain baik itu pencapaian ataupun kebahagian yang biasa ditemukan di media sosial. Hal yang perlu kamu ingat adalah setiap orang memiliki waktunya masing-masing untuk mencapai segala tujuannya dan membanding-bandingkan diri dengan orang lain hanya akan membuang-buang waktu mu untuk meraih segala tujuan mu.

3. Tambah pengetahuan dan wawasan

Luasnya pengetahuan yang kamu miliki akan memudahkan dan membuat mu nyambung dalam topik obrolan dan pergaulan apapun itu. Karena dengan begitu orang-orang disekitarmu akan semakin merasa nyaman mengobrol denganmu. Memperluas pengetahuan dan wawasan ini bisa kamu lakukan dengan banyak mengkonsumsi hal-hal bermanfaat seperti membaca buku ataupun menonton video-video inspiratif di youtube.

4. Perluas koneksi

Tips yang tidak kalah penting yaitu jangan bosan untuk mencari teman sebanyak-banyaknya. Memiliki koneksi atau teman yang banyak ditambah mendukung segala hal baik yang ingin kamu lakukan akan memudahkan mu untuk semakin meningkatkan rasa percaya dirimu karena dukungan mereka lah yang akan mengangkatmu ketika rasa minder dan kurang percaya dirimu muncul. Maka penting juga memiliki teman yang tepat dengan memperhatikan cara bergaul dalam berteman.

5. Merawat Diri

Tidak bisa dipungkiri bahwa fisik bukan satu-satunya tetapi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang. Kamu bisa mulai merawat fisik mu mulai dari saat ini dengan cara berolahraga, mengatur pola makan, dan memaksimalkan waktu istirahat mu agar kedepannya kamu bisa mendapat fisik yang ideal sehingga kedepannya kepercayaan dirimu dapat meningkat.

6. Bersikap ramah pada orang sekitar

Tips terakhir ini sederhana tapi kadang kita suka mengabaikannya yaitu bersikap ramah lah kepada siapapun karena hanya dengan bersikap ramah pada orang lain, kamu akan semakin mudah mendapatkan teman dan mendapatkan perlakuan yang sama seperti apa yang kamu lakukan ke orang-orang tersebut. Dengan lakukan 5S yaitu senyum, sapa, salam dan bersikap sopan, santun maka seiring berjalannya waktu kamu akan dihargai dan kepercayaan dirimu akan meningkat juga, Jangan lupa untuk selalu berkata tolong saat meminta bantuan, maaf jika berbuat salah, dan terima kasih ketika mereka membantumu.

Sumber : satupersen.net

Jadi semoga ini bisa semakin menambah rasa kepercayaan dirimu kedepannya tetapi kalau sampe saat ini itu belum bisa merubah keadaan mu, Bright Cordova  bisa menjadi solusi untuk konsultasi mengenai psikologi, psychopreneur, dan lain-lain.

Udah, jangan terlalu sering banding-bandingin diri dengan orang lain lagi coba mulai berusaha fokus meraih mimpi yang sudah menunggu untuk bisa kamu capai mulai dari detik ini. Aku harap lewat membaca artikel ini dan ikut berbagai pelatihan-pelatihan training di cordova bisa membuat kamu berkembang menjadi lebih baik. Master Trainer Fikri Abdillah yang memiliki banyak pengalaman di bidang training, psycopreneur, psikologi, tidak diragukan lagi untuk meng konsultasikan segala masalahmu di Bright Cordova.

Fast Respon WA

Kontak Kami

CV Cordova Inspirasi Indonesia

SIUP -
TDUP -
SITU -
NPWP -

+628562253200

-

Pos Terbaru

ADAB-ADAB SAFAR
Pos : 26 August 2022
AYANA GEDONG SONGO
Pos : 26 August 2022

Follow IG kami @bright.cordova

No images found!
Try some other hashtag or username